Dalam Satu Kab/Kota, Benarkah BPJS Menerapkan Sistem Zonasi?

hariprastyo, 19 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:
MOJOKERTO - BPJS Kesehatan yang kini dikenal dengan istilah KIS (Kartu Indonesia Sehat)  merupakan program pemerintah pusat.  Program ini sangat membantu masyarakat.  
 
"Alhamdulillah,  saya bersyukur sekali ada BPJS", ujar Cicik peserta BPJS sejak Tahun 2014 (18/8). 
 
Namun perjalanan program ini bukan berarti tanpa hambatan.  Salah satunya yang diungkap oleh AR,  "Mas saya kemarin opname di salah satu RS swasta wilayah Mojokerto, setelah opname, keluarga diminta kontrol secara rutin", terang AR.  "Pada kontrol kedua,  keluarga diminta rujukan dari faskes 1, namun faskes 1 tidak bisa memberi rujukan ke RS swasta tersebut,  karena ada sistem zonasi", lanjutnya (19/8).  
 
Oleh karena itu,  indonesiasatu.co.id mencoba mengklarifikasi informasi zonasi ini kepada BPJS melalui aplikasi JKN Mobile.  "Dapat kami sampaikan rujukan berjenjang berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1 Tahun 2012 yang menyatakan pelayanan kesehatan dalam program JKN diberikan secara berjenjang,  efektif,  dan efisien dengan menerapkan prinsip kendali mutu dan kendali biaya.  Pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang,  dimulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama,  pelayanan kesehatan tingkat kedua hanya dapat diberikan atas rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama", ungkap petugas BPJS secara tertulis melalui aplikasi JKN Mobile.
 
Karena jawaban di atas belum memberi tanggapan sesuai dengan isi pertanyaan,  maka indonesiasatu.co.id mengajukan permohonan untuk mendapatkan jawaban sesuai pertanyaan.  
 
Sampai berita ini diturunkan,  belum ada respon dari pihak BPJS.  (Prastyo)
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu